Logo
Portal Desa Broadband Terpadu
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Berita Dari Desa Broadband.


Berita Detail
ARAHAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN PADA ACARA HALAL BI HALAL 1437 H
2016-07-19 11:54:11
ARAHAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN PADA ACARA HALAL BI HALAL 1437 H July 19, 2016

ARAHAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN PADA ACARA HALAL BI HALAL


18 Juli 2016 • Indonesia ini adalah bangsa yang besar. Ada tiga kualifikasi yang menggambarkan negara kita. Indonesia adalah negara yang masuk tiga besar negara demokrasi dengan populasi terbesar, lima besar populasi terbesar, dan negara dengan luas laut kedua terbesar di dunia. Tiga kualifikasi ini sah bagi kita untuk kita mengklaim diri kita bangsa yang besar. Refleksi tiga poin tadi hanya bisa kita dapatkan kalau kita budayakan dengan kerja, kerja, kerja.


• Sumber daya laut kita terbesar kedua di dunia. Ini bisa kita berdayakan lagi dengan baik dan betul. Kemudian kita sebagai negara muslim terbesar, mempromosikan kedamaian dan ketulusan. Indonesia bisa jadi bangsa yang hebat.


• Kejayaan sejarah sudah ada, tapi tentu kita harus juga memulai dengan kerja kerja kerja. Ekonomi saat ini sedang tidak baik. Saya ingin penghematan dilakukan, efisiensi dilakukan di mana-mana. Anggaran KKP saat ekonomi cooling down, dua tahun terakhir ini dinaikkan 4 triliunan kurang lebih.


• KKP ini adalah prioritasnya tujuan Pemerintah. Karena Presiden ingin menjadikan laut masa depan bangsa, ingin menjadikan Indonesia poros maritim dunia. Poros itu menjadi titik pusat yang nantinya berinteraksi dengan semua group social global line.


• Pemerintah ingin dengan moratorium, penyidikan yang kita lakukan, pelarangan transhipment, kita bisa hilangkan puluhan ribu kapal asing dari laut. Kita jadikan negara tetangga kita minus GDP Perikanannya. Kita tumbuh dari 6% ke 8.96%. Kita mampu menjadikan Nilai Tukar Nelayan ke poin 102, sekarang 110.


• Pada saat ekonomi melemah, kita sumbang deflasi dengan harga ikan yang turun, sementara harga komoditi lainnya yang naik dan menyumbang inflasi. Kita semua harus bercermin, harus memulai sesuatu. Anggaran APBN sangat ketat, bahkan defisit. Di retreat kemarin, saya minta penghematan 20-30%. APBN akan defisit apabila kita tidak memenuhi efisiensi dan pendapatan. Persoalannya, pendapatan terpengaruh oleh situasi global. Ekonomi melemah, pendapatan juga melemah.


• Saya ingin mengingatkan bahwa uang negara adalah uang rakyat, uang kita semua. Kita menggunakannya dengan bijak dan betul untuk output dan produktivitas masyarakat. Itu yang akan menunjang negara kita menjadi negara besar.


• Sekarang seluruh dunia sudah mulai sadar. FAO sudah mendukung kita untuk memasukkan illegal fishing ke dalam rapat-rapat perjanjian.


• Kita sekarang sudah punya kemampuan mengolah perikanan, dana ada, penduduk ada, tingggal memakainya yang benar. Jalankan amanah. Saya ingin, selain kita saling memaafkan, juga mereflesksikan kepaad diri kita. Jangan sampai anggaran KKP tidak tepat sasaran


BIRO KERJASAMA DAN HUMAS KKP