Logo
Portal Desa Broadband Terpadu
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Berita Dari Desa Broadband.


Berita Detail
Songsong Era Industri 4.0, Perusahaan Didorong Integrasi Data
2018-10-12 02:52:27
Songsong Era Industri 4.0, Perusahaan Didorong Integrasi Data

Songsong Era Industri 4.0, Perusahaan Didorong Integrasi Data

Oktober
12
/ 2018
02:52 WIB
Oleh : Wibi Pangestu Pratama
Songsong Era Industri 4.0, Perusahaan Didorong Integrasi Data
Ilustrasi: Simbol revolusi industri 4.0. - Reuters/Wolfgang Rattay

Bisnis.com, JAKARTA – Integrasi data dinilai sebagai hal paling krusial yang harus dipersiapkan industri dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. Data yang terintegrasi dapat meningkatkan kinerja industri, kemudian membawa profit.


Hal tersebut disampaikan Dion Dewabarata, Dekan Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya kepada Bisnis pada Kamis (11/10/2018).

Dion menjelaskan bahwa integrasi data industri di Indonesia masih kurang. Menurut dia, industri biasanya memiliki basis data yang terpecah-pecah atau belum sepenuhnya sinkron. Hal tersebut perlu diperhatikan dalam menyambut era teknologi di industri 4.0.


"Teknologi memungkinkan itu [integrasi data]. Lebih cepat pengambilan data, lebih cepat pengolahan data. Dampaknya apa? Lebih cepat juga pengambilan keputusan. Nah, di Indonesia ini masih kurang," tutur Dion.


Integrasi tersebut membuat keterbukaan data harus dilakukan. Dion menjelaskan industri perlu mengkaji mana data yang dibuka dan tidak, tetapi jika berkaitan dengan operasional biasanya data terbuka.


Dion menjadi juri kompetisi projek bidang improvement dalam acara Indonesia Operational Excellence Conference and Award (Opexcon) 2018 yang berlangsung pada 7 November 2018.


Dalam acara tersebut, terdapat kompetisi yang mengadu program atau gagasan tentang improvement dari berbagai perusahaan.


Annual Meetings IMF-World Bank tengah digelar di Bali selama 8-14 Oktober. Sebagai media partner, Bisnis.com akan melaporkan berbagai isu yang dibahas, ikuti perkembangan informasinya di sini.


Tag : Revolusi Industri 4.0
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berikan reaksi Anda!

suka
Suka
0%
senang
Senang
0%
bangga
Bangga
0%
terinspirasi
Terinspirasi
0%
tidak suka
Tidak Suka
0%
sedih
Sedih
0%
OutSystems mengumumkan peluncuran OutSystems 11, solusi low-code pertama yang mampu mengatasi kesulitan terbesar para pemimpin IT saat ini yakni gridlock legacy system dengan… PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) mengakhiri angkutan gratis bagi pengiriman bantuan ke Palu dan Donggala, seiring dengan berakhirnya masa tanggap darurat gempa dan… PT Pertamina menyatakan pelonjakan harga minyak dan pelemahan nilai tukar rupiah memengaruhi kinerja keuangan. DPP Indonesian National Shipowner?s Association (INSA) mengeluhkan pengenaan tarif jasa barang berupa jasa bongkar muat dan penumpukan (storage) di pelabuhan yang tidak sesuai… Indonesia dan Singapura perkuat kerja sama melalui penandatanganan MoU Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan Enterprise Singapore. Rencana kenaikan bahan bakar minyak oleh pemerintah akan berdampak pada pelemahan konsumsi di tengah masyarakat. Industri makanan dan minuman meminta pemerintah menyiapkan alternatif pengangkutan logistik sehingga dunia usaha tidak perlu menaikan harga jual akibat melonjaknya biaya… Kementerian Perindustrian (Kemenperin) jalin kerja sama strategis dengan Enterprise Singapore dalam Pertemuan International Monetary Fund-World Bank Group (IMF-WBG) di Nusa… Budaya improvement dalam industri menjadi poin utama yang dinilai dalam kompetisi bidang improvement Opexcon 2018. PT Rayon Utama Makmur mengklaim proses pengendalian limbah udara telah berhasil dengan signifikan. Dengan capaian ini perusahaan optimis dapat segera beroperasi. PT Angkasa Pura II (Persero) bekerja sama dengan PT LEN Industri (Persero) terkait dengan pengoperasian serta pemeliharaan Automated People Mover System atau yang lebih dikenal… Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan dua teknologi perikanan yakni Wakatobi AIS dan Aplikasi Laut Nusantara. Pembenahan business proses pelelangan ikan menjadi satu dari tiga fokusKementerian di tengah melimpahnya panen ikan. Indonesia Operational Excellence Conference and Award (Opexcon) 2018, acara tahunan yang menjadi platform bertemunya para pelaku bisnis lintas sektor kembali digelar pada… Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi untuk bantuan korban bencana Sulawesi Tengah dengan nilai lebih dari Rp21 miliar. Genting Cruise Lines, salah satu divisi Genting Hong Kong yang mengoperasikan kapal pesiar, berkomitmen menambah kunjungan kapal untuk membantu pengembangan industri pariwisata… PT Pos Indonesia (Persero) tengah menggenjot bisnis digital seiring transformasi bisnis yang dilakukan sesuai dengan visi misi perusahaan guna masuk ke dalam bisnis tersebut. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berkongsi dengan tiga mitra untuk menggarap sektor pariwisata di Bali… Musim kemarau berkepanjangan pada tahun ini sudah mengakibatkan kekeringan di beberapa wilayah sehingga kondisi ini mengganggu produktivitas hasil tanaman pangan, khususnya…