Logo
Portal Desa Broadband Terpadu
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Berita Dari Desa Broadband.


Berita Detail
Pengusaha Jebolan OK OCE Dorong Ekspor
2018-09-14 02:52:54
Pengusaha Jebolan OK OCE Dorong Ekspor

Pengusaha Jebolan OK OCE Dorong Ekspor

September
14
/ 2018
02:52 WIB
Oleh : Regi Yanuar Widhia Dinnata
Pengusaha Jebolan OK OCE Dorong Ekspor
Gerai OK OCE Mart di Jakarta. - Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Perkumpulan Gerakan One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (PGO) mendorong lulusan OK OCE dapat mengekspor produk mereka.


Rencana ini ditandai oleh penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara PGO dan Perkumpulan Indonesia Diaspora Pemberdayaan dan Pengembangan Ekspor Usaha Industri Kecil Menengah (ID SEED).

Program ini diharapkan bisa mendorong minat pengusaha lokal untuk melakukan kegiatan ekspor.


Ketua PGO Faransyah Jaya mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong percepatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang siap ekspor produk mereka. Dia menilai potensi ekspor produk UMKM lokal masih terbuka lebar.


"Pasar global sangat terbuka dan membutuhkan produk-produk dari Indonesia, sekaligus mengangkat daya saing [UMKM] dengan peningkatan kapasitas, kualitas serta standarisasi produk sesuai pasar global," kata Faransyah dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (13/9/2018).


Sementara itu, Ketua Umum ID-SEED Ira Damayanti menjelaskan platform yang diusung oleh ID SEED yakni sinergi dalam peningkatan keterampilan, pemahaman pelaku usaha, dan standar kualitas produk usaha UMKM untuk penetrasi pasar luar negeri.


MoU tersebut sebagai langkah strategis dalam memberikan informasi bagaimana melakukan ekspor.


"Untuk ekspor sebenarnya tidak rumit, tetapi memang perlu proses. Untuk itulah perlunya pembekalan dan pendampingan bagi [UMKM] yang memiliki produk berpotensi atau baru memulai ekspor," ujar Ira.


Ira menilai minimnya ekspor produk Indonesia disebabkan belum banyak yang memahami tata cara ekspor. Jika masyarakat paham akan sangat mudah untuk berjualan lintas negara.


“Produk [UMKM] Indonesia banyak yang bagus dan mampu bersaing di pasar global, namun belum banyak yang mengerti bagaimana menembus pasar ekspor. Hal itu disebabkan oleh kurangnya informasi dan pengetahuan tentang tata cara ekspor serta regulasi ekspor baik di Indonesia dan negara tujuan ekspor," paparnya.


Kegiatan tersebut juga dihadiri Diaspora Indonesia yang berasal dari Jepang, Belgia, Amerika Serikat, dan Inggris didampingi oleh jajaran PGO Global Enterpreneur Network.


MoU ini akan ditindak lanjuti dengan pembentukan Rumah Dagang (Trading House) OK OCE Global serta Pusat Informasi dan Peningkatan kapasitas pelaku dan produk UMKM ekspor nasional.

Tag : OK OCE
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berikan reaksi Anda!

suka
Suka
0%
senang
Senang
0%
bangga
Bangga
0%
terinspirasi
Terinspirasi
0%
tidak suka
Tidak Suka
0%
sedih
Sedih
0%
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan peserta Asean Leader Programme untuk membahas solusi dari isu perkotaan. Badan Anggaran DPRD DKI menyetujui penambahan anggaran untuk pembelian perlengkapan pemakaman, misalnya kain kafan, papan kuburan, tenda dan sound system menjadi Rp3 miliar. Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta akhirnya menyetujui penambahan pembebasan lahan ruang terbuka hijau (RTH) menjadi Rp400 miliar. Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI menilai Pemprov memiliki kemampuan untuk mengubah Sungai Ciliwung seperti sungai yang berada di Seoul, Korea Selatan. Nama Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik menjadi sorotan masyarakat dalam beberapa 1-2 bulan terakhir. Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik tidak mempermasalahkan partainya ikut tanda tangan pakta integritas Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk tidak mencalonkan… Pakar transportasi menilai warga Jakarta tidak tertarik menggunakan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) sebagai moda transportasi sehari-hari. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengusulkan pembentukan pantia khusus untuk mengawasi pembangunan kereta api ringan atau light rail transit… Postingan Gubernur Jabar Ridwan Kamil soal rencana revitalisasi Kalimalang, Kota Bekasi mengundang apresiasi. Lalu, kenapa Kalimalang jadi prioritas? Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pemangku kepentingan lain masih mempertimbangkan tarif yang sesuai bagi penumpang Light Rail Transit (LRT). Anggota DPRD Jakarta Fraksi Partai Golkar Yudhistira Hermawan menyebut mengkritik program Rumah DP Rp0 yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Wakil Gubernur… Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DKI Irwandi meminta pedagang kaki lima (PKL) yang berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat tak berjualan sementara waktu. Dinas Koperasi dan UMKM DKI Jakarta berencana menjalin kerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UMKM. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, rencana menyulap Kalimalang di Bekasi merupakan salah satu program strategisnya yang akan dikerjakan tahun depan. Truk pembawa alat berat kejeblos di Jalan Ciater Raya, Ciputat, Tanggerang Selatan, sehingga menutup seluruh badan jalan. Akibatnya jalan selebar sekitar 8 meter itu ketutup… Gubernur DKI Jakarta memperkirakan Light Rail Transit (LRT) dapat beroperasi dengan mengangkut penumpang umum pada awal 2019. Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, di siang hari nanti cuaca di semua wilayah cerah berawan. Pada malam harinya, cuaca di semua wilayah diperkirakan berawan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan Light Rail Transit (LRT) di Stasiun Velodrome Rawamangun rencananya akan dioperasikan awal 2019. Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta mengesahkan kebijakan untuk menambah bonus atlet peraih medali Asian Games 2018.