Logo
Portal Desa Broadband Terpadu
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Berita Dari Desa Broadband.


Berita Detail
Alasan The Fed Kerek Lagi Suku Bunga Acuan Jadi 2%
2018-06-14 02:23:16
Alasan The Fed Kerek Lagi Suku Bunga Acuan Jadi 2%

Alasan The Fed Kerek Lagi Suku Bunga Acuan Jadi 2%

Juni
14
/ 2018
02:23 WIB
Oleh : M. Nurhadi Pratomo
Ilustrasi - Kantor Bank sentral AS The Federal Reserve - Reuters/Larry Downing

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve kembali menaikkan suku bunga 25 basis poin untuk kedua kalinya pada 2018.


The Federal Resever (The Fed) kembali mengerek suku bunga acuan 25 basis poin menjadi 2%, Rabu (13/6/2018) waktu setempat. Sebelumnya, bank sentral negeri Paman Sam itu telah menaikkan suku bunga acuan dari 1,5% menjadi 1,75% pada Maret 2018.

“Ekonomi berjalan dengan sangat baik,” ujar Gubernur The Fed Jerome Powell kepada wartawan seusai pengambilan keputusan yang dilansir melalui Bloomberg, Kamis (14/6/2018).


Pejabat The Fed memproyeksikan akan terdapat total empat kali peningkatan suku bunga acuan pada 2018. Hal tersebut sejalan dengan tingkat pengganguran yang menurun dan inflasi yang melampaui target lebih cepat dari prediksi sebelumnya.


Federal Open Market Committee (FOMC) menyatakan pertumbuhan ekonomi harus terus berlanjut meski terdapat indikasi laju kenaikan suku bunga. Komite berharap terjadi peningkata bertahap untuk tingkat dana federal akan konsisten berkelanjutan dengan kegiatan ekonomi.


“Kondisi pasar tenaga kerja yang kuat dan inflasi mendekati 2% atau sejalan dengan tujuan komite selama jangka menengah,” menurut pernyataan FOMC usai pertemuan.


The Fed telah menggelar FOMC yang berlangsung pada 12 Juni 2018 sampai dengan 13 Juni 2018. Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memprediksi komite akan menaikkan Fed Rate sebanyak tiga kali pada tahun ini.


Sumber : Bloomberg

Tag : Suku Bunga, Kebijakan The Fed
Editor : Yusuf Waluyo Jati
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengoperasikan 205 outlet selama libur Lebaran sehingga masyarakat bisa berlibur dengan lebih tenang tanpa harus khawatir layanan… Kebutuhan kas BNI mencapai Rp13,7 triliun per minggu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan-Lebaran. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tidak merevisi target pertumbuhan kredit menjelang semester II/2018. Perusahaan hanya akan mengubah alokasi kredit dan fokus ke segmen korporasi. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menargetkan pertumbuhan transaksi e-channel duakali lipat selama periode mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini. Memasuki masa liburan dan mudik Lebaran tahun ini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan kredit konsumtif 10%20%. Dalam perjalanan mudik, membawa uang tunai dalam jumlah besar merupakan suatu hal yang cukup berisiko. Unit Usaha Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia atau Allianz Life Syariah menyiapkan program #KadoUmrohAllianz guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlindungan… BPJS Kesehatan menyelenggarakan Posko Mudik 2018 dari 9--14 Juni 2018 di 8 titik padat pemudik. Jika Anda tengah mudik, manfaatkanlah fasilitas ini. PT Jasa Raharja mengklaim telah memberikan santunan kepada 115 orang meninggal selama arus mudik dari H-7 sampai dengan H-4 Lebaran. Bank Permata menyiapkan uang tunai Rp838 miliar untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan membuka pelayanan di 67 cabang sepanjang libur Lebaran. Selama arus mudik Lebaran tahun ini, transaksi e-money atau uang elektronik dalam bentuk kartu Bank Mandiri meningkat drastis. Hal ini disebabkan oleh peningkatan transaksi… PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjamin saldo nasabah yang hilang tiba-tiba akan diganti oleh perseroan. Bank sentral Amerika Serikat menggelar rapatnya selama dua hari, yaitu 12-13 Juni 2018. Ketika Anda mudik, membawa tunai dalam jumlah besar merupakan suatu hal yang cukup beresiko. PT Prudential Life Assurance meminta nasabah tidak khawatir terhadap hasil investasi di tengah kondisi pasar yang volatile. Gunung Agung Bali kembali menunjukkan aktivitasnya pada Rabu siang ini (13/6) sekitar pukul 11.05 WITA dengan menyeburkan kolom abu setinggi 2.000 meter. Guna memanjakan pemudik selama periode libur lebaran, di sepanjang jalur mudik BNI memberikan diskon hingga 40% di resto, toko oleh-oleh, dan tempat wisata pilihan dengan… Jepang menyatakan komitmennya untuk berinvestasi lebih besar di Indonesia. Hal itu diungkapkan korporasi dan bank asal negeri Matahari Terbit tersebut kepada Wakil Presiden… Guna mengantisipasi kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) menyiapkan dana Rp4,5 triliun.