Logo
Portal Desa Broadband Terpadu
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Berita Dari Desa Broadband.


Berita Detail
Tekan Biaya Logistik, Perlu Konektivitas Industri
2018-05-17 02:58:39
Tekan Biaya Logistik, Perlu Konektivitas Industri

Tekan Biaya Logistik, Perlu Konektivitas Industri

Mei
17
/ 2018
02:58 WIB
Oleh : Jaffry Prabu Prakoso
Ilustrasi kegiatan logistik - Reuters/Noah Berger

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah diminta menekan biaya logistik yang terlalu tinggi di antaranya dengan membangun konektivitas industri, selain memberangus pungutan liar dan membangun infrastruktur.


"Pungli masih banyak seperti dikeluhkan sopir truk. Kemudian dampak infrastruktur ternyata hanya menurunkan biaya logistik 2,5%," kata ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira pada Rabu (16/5/2018).

Dia menjelaskan meski pemerintah gencar membangun infrastruktur, yang perlu difokuskan adalah membangun konektivitas industri.


Ini bisa dilihat dengan masifnya pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung atau kereta ringan yang tidak berkaitan dengan logistik barang.


Bhima juga memandang masalah birokrasi masih tetap perlu dibenahi. Dia melihat masalah waktu masuk barang impor ke pelabuhan masih berbelit-belit. Terakhir perlu ada evaluasi tim Saber Pungli. "Kalau sudah ada Satgas, kenapa pungli masih banyak?"


Berdasarkan catatan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), biaya logistik Indonesia pada 2014 sebesar 25,7% dari produksi atau nilai barang. Tahun ini diprediksi turun menjadi 22,1% dan tahun depan ke angka 21%.


Sementara, dibandingkan dengan negara Asean lainnya, Indonesia masih jauh tertinggal. Pada 2014 biaya logistik Thailand 13,2%, Myanmar 13%, Singapura 8,1%, dan Vietnam 25%.


Meski Vietnam hampir sama dengan Indonesia, nilai ekspor mereka meningkat dua kali lipat pada tahun yang sama dan diprediksi tahun ini berada di bawah 15%.

Tag : logistik
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bandara Juanda di Surabaya memperoleh peringkat tertinggi soal tingkat ketepatan waktu terbang di wilayah Asean, bahkan mengalahkan Bandara Changi di Singapura. Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan menyiapkan setidaknya 8.000 instruktur untuk menggelar program pemagangan bagi 400.000 peserta. Pemerintah akan menghitung ulang biaya logistik tahun ini. Jika sebelumnya berdasarkan produk domestik bruto (PDB), tahun ini dipertimbangkan juga faktor lain. Bukalapak, platform dagang-el, mencatat adanya tren kenaikan belanja ketika momentum Ramadan. PT PLN (Persero) menghabiskan dana senilai Rp45 miliar untuk membangun infrastruktur listrik guna memenuhi kebutuhan listrik selama 24 jam penuh di 24 desa di Provinsi Riau. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengingatkan masyarakat Banggai Laut, Sulawesi Tengah, untuk menjaga mangrove dan terumbu karang. Jumlah 254,79 juta atau tepatnya 254.792.159 ini menunjukkan angka yang riil Komputasi awan memiliki elastisitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem penyimpanan data on prem. Pasokan yang terbatas membuat harga bahan baku ekspor produk rajungan naik hingga dua kali lipat. Pelaku usaha produk kayu berharap pemerintah mempercepat pencairan restitusi pajak pertambahan nilai kayu bulat untuk mendongkrak daya saing industri kayu lapis nasional. Indonesia Maritime Pilots Association memperkirakan Indonesia mengalami kekurangan tenaga pandu seiring dengan rencana pemerintah menggalakkan tol laut. Jumlah tenaga pemandu kapal (maritime pilot) asal Indonesia yang bekerja di luar negeri diperkirakan akan semakin meningkat dalam satu tahun ke depan. Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS mengatakan PLN siap mengamankan pasokan listrik untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten selama Ramadan. Kesiapan ini… First Media, sebagai pemimpin dan pionir di industri TV kabel dan Internet pita lebar di Indonesia menghadirkan HBO GO, yakni layanan berbasis internet dari HBO yang menghadirkan… PT Jasa Armada Indonesia Tbk. atau JAI siap merambah bisnis perawatan kapal atau ship maintenance guna memperluas ekspansi. Perseroan akan menggandeng sejumlah mitra dengan… Pemerintah mengincar Belanda sebagai pintu masuk produk manufaktur Indonesia ke Eropa. Fujifilm Corporation mengumumkan kerja sama sekaligus menjadi sponsor tur global Taylor Swift untuk rangkaian kamera instan Instax. Pelaku industri terus meyakini iklim bisnis dalam negeri masih positif dan tidak terpengaruh oleh peristiwa teror di beberapa kota. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberi izin prinsip usulan proyek jalan tol prakarsa ruas tol SoloYogyakartaCilacap.