Logo
Portal Desa Broadband Terpadu
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Berita Dari Desa Broadband.


Berita Detail
Disalip Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza Temukan Lawan Seimbang
2018-03-14 02:30:12
Disalip Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza Temukan Lawan Seimbang

Disalip Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza Temukan Lawan Seimbang

Maret
14
/ 2018
02:30 WIB
Oleh : Muhammad Khadafi
Executive General Manajer Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto (memegang bendera) melepas rombongan Avanzanation 2017 di Jakarta, Sabtu (22/7/17). - Antaranews/Alviansyah)

Bisnis.com, JAKARTA – Posisi Toyota sebagai pemimpin pasar mobil kecil serbaguna (LMPV) goyah untuk pertama kalinya sejak lebih dari 5 tahun terakhir.


Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasokan ke diler Avanza Februari turun 10,21% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, atau menjadi 6.773 unit.

Sementara itu, kompetitor kuat di segmen ini, Mitsubishi Xpander terlihat semakin percaya diri. Penjualan pabrik ke diler mobil yang diluncurkan medio 2017 ini naik 1,14% pada periode yang sama menjadi 7.400 unit.


Hal ini pun membuat posisi kontributor pasokan ke diler tertinggi segmen LMPV bergeser. Hingga dua bulan pertama tahun ini, Xpander menguasai 30,04%, sedangkan Avanza 29,70%.


Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan bahwa merosotnya pasokan ke diler Avanza merupakan bagian dari strategi perusahaa. Hal ini untuk menjaga keseimbangan suplai dan permintaan setiap produk.


Dia melanjutkan bahwa penjualan ritel Avanza sebanyak 6.451 unit pada bulan lalu. “Daya serap pasar untuk Avanza stabil, dan kami optimis pada Maret ini penjualan akan naik seiring dengan peningkatan suplai ke diler,” kata Henry dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Senin (12/3/2018).


Sejak dipasarkan oleh TAM pada 2014, Avanza terus bertahan sebagai pemimpin pasar di kelasnya dan menjadi mobil terlaris di pasar otomotif dalam negeri. Daya tarik Avanza sebagai LMPV bertahan menghadapi persaingan yang kian ketat dengan masuknya berbagai model baru dari berbagai merek mengincar kue yang sama.


Menurut Henry hal itu disebabkan oleh pengalaman panjang perusahaan yang menerapkan konsep pengalaman dalam memiliki mobil Toyota. Strategi ini akan terus dipertahankan. Namun, perusahaan belum membocorkan jadwal pembaruan produk untuk mengikuti dinamika pasar.


Adapun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan pertumbuhan positif sepanjang tahun lalu. Hal tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat terhadap Xpander.


Dari data internal perusahaan, MMKSI membukukan penjualan sebanyak 79.669 unit sepanjang 2017 atau naik 18,6% dibandingkan dengan 2016. Kendaraan penumpang naik 48%, sedangkan kendaraan niaga ringan naik tipis, 1,9%.


Xpander, yang mulai dipasok ke diler September 2017 menyumbang 33%, atau 11.890 unit terhadap total volume penjualan ritel kendaraan penumpang MMKSI. Dengan demikian, tanpa pesaing Toyota Avanza tersebut, Mitsubishi hanya akan tumbuh 0,9%.


Tahun ini MMKSI akan semakin agresif menggenjot penjualan Xpander melalui peningkatan kapasitas produksi. Per awal 2018 agen pemegang merek Mitsubishi di Tanah Air sudah melahirkan 8.000 unit Xpander. Angka ini sudah 60% di atas rencana produksi awal.


Tidak hanya berhenti di situ, pada paruh kedua tahun ini perusahaan akan menaikan volume produksi menjadi 9.000 unit hingga 10.000 unit per bulan. "Itu sudah termasuk untuk ekspor ke negara asean," kata Presiden Direktur MMKSI Kyoya Kondo.


Kondo mengatakan strategi ini dilakukan demi mempercepat pengantaran mobil tersebut ke konsumen. Perusahaan mengklaim mengantongi surat pemesanan kendaraan untuk Xpander sebanyak lebih dari 55.000 unit sejak awal diluncurkan, medio 2017 hingga akhir Februari 2018. Antrian pemesanan akan semakin panjang apabila tidak dilakukan peningkatan kapasitas produksi.


Selain mengincar pasar domestik, Xpander juga akan dikirim ke beberapa negara kawasan Asia Tenggara tahun ini. Filipina akan menjadi negara tujuan pertama, lalu diikuti oleh Thailand dan Vietnam.


Direktur Pemasan MMKSI Osamu Iwaba mengatakan perusahaan juga melirik pasar di luar kawasan Asia Tenggara. "Tahun ini juga akan dikirim ke luar Asia Tenggara," katanya.

Tag : Mitsubishi xPander, Toyota Avanza
Editor : Fatkhul Maskur
BMW Group Indonesia menjanjikan akan membawa kejutan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Selain meluncurkan Seri 5 Touring, pabrikan otomotif asal Jerman… Penjualan mobil Honda di sepanjang bulan Februari mengalami pelemahan yang terbilang cukup signifikan yakni sebesar 12% dibandingkan dengan penjualan di bulan pertama tahun… Pada Februari 2018, Honda Brio RS pada bulan lalu mencatatkan penjualan tertinggi pada segmen city car yakni 1.186 unit dan memangsa 42% pasar. Penjualan Honda juga ditopang… PT Toyota Astra Motor mencatatkan surat pesanan kendaraan All New Toyota Rush lebih dari 22.000 sampai akhir bulan lalu. Angka ini telah melebihi realisasi pengiriman ke… Carsome, platform penjualan mobil bekas berbasis online mendapatkan suntikan dana sebesar US$19 juta untuk pendanaan Seri B. PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar ajang Honda Decal Competition sebagai wadah untuk menampilkan kreativitas para peminat desain stiker mobil di Indonesia. Kontes tersebut… Lexus Indonesia mengaku tidak mengincar pertumbuhan volume penjualan kendaraan tipe sport utility vehicle (SUV) di Indonesia dengan menjual Lexus RX 350L. Kendaraan tersebut… BMW Group Indonesia menggelar jelajah 5 kota menggunakan Seri 5, dengan rincian 4 model 520i dan 1 model 530i. Berangkat dari Jakarta, Cirebon menjadi kota pertama yang disinggahi. Pabrikan China Lvchi telah meluncurkan produk world premier-nya di Geneva International Motor Show (GIMS) 2018, yakni Venere EV. Lexus Indonesia memberikan kejutan berupa kunjungan Miss Universe 2017, Demi-Leigh Nel-Peters dan Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra kepada para pelanggannya di Lexus… BMW Group Indonesia menegaskan bahwa harmonisasi pajak sedan tidak akan menurunkan harga jual mobil yang sudah beredar. Perusahaan mengatakan rencana pemerintah tersebut… Hampir setengah abad lalu, Land Rover telah menciptakan segmen SUV mewah dengan diperkenalkannya Range Rover. Sekarang, pabrikan Inggris ini mendefinisikan sebuah genre baru… Seri terakhir lomba hemat bahan bakar, Honda Mobilio Battle of Efficiency, yang digelar pada 10 Maret 2018 berhasil dimenangkan oleh M. Dhilal Hidayat dan Alit Irianto dari… PT Toyota-Astra Motor mencatat penjualan All New Rush ke jaringan diler atau wholesales mengalami peningkatan lebih dari 13% dalam dua bulan pertama tahun ini dibandingkan… Seri terakhir lomba hemat bahan bakar, Honda Mobilio Battle of Efficiency, dimenangkan oleh M. Dhilal Hidayat dan Alit Irianto dari komunitas MOI Chapter Banten yang meraih… Purwarupa ban cerdas terbaru itu dilengkapi dengan sistem informasi ban secara lengkap, sensor, dan algoritma berbasis cloud yang semuanya saling bekerja sama berkomunikasi… Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor akan menyamakan uji tipe kendaraan bus listrik dengan bus bermesin konvensional, kecuali pada aspek uji emisi… PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana untuk mencoba mengekspor kembali kendaraannya ke Vietnam. Namun, sejauh ini pabrikan tersebut belum mengajukan permohonan… PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan kembali mengekspor Toyota Fortuner ke Vietnam. Akan tetapi, sejauh ini sertifikat uji tipe atau vehicle type approval…