Logo
Portal Desa Broadband Terpadu
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Berita Dari Desa Broadband.


Berita Detail
Diplomasi dengan Gamelan Ala Menlu Retno
2018-03-14 02:32:01
Diplomasi dengan Gamelan Ala Menlu Retno

Diplomasi dengan Gamelan Ala Menlu Retno

Maret
14
/ 2018
02:32 WIB
Oleh : David Eka Issetiabudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyempatkan diri mengikuti latihan gamelan grup Dadali Gamelan di KBRI Moskow, di sela-sela rangkaian kunjungan kerjanya ke Rusia. - IstiArmanatha Nasir, Juru Bicara Menlu

Kabar24.com,JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyempatkan diri mengikuti latihan gamelan grup “Dadali Gamelan” di KBRI Moskow, di sela-sela rangkaian kunjungan kerjanya ke Rusia.


Dalam rekaman video yang dikirimkan oleh Juru Bicara Menlu Armanatha Nasir, memperlihatkan Retno membaur dengan kelompok Dadali Gamelan. Terlihat, Retno menikmati latihan grup gamelan yang dibentuk pada April 2017.

BACA JUGA :

  • Trump Tolak Akuisisi Qualcomm Oleh Broadcom
  • PM Abe Ingin Tuntaskan Penculikan Warga Jepang Oleh Korut
  • Genosida di Myanmar, Facebook Dituding Sebarkan Ujaran Kebencian

Retno yang duduk di tengah para pemain gamelan, tepatnya di depan gong dan di sebelah bonang, sesekali ikut nyinden  dan menepukan tangannya ke paha. Saat itu, grup gamelan yang mayoritas beranggotakan wanita muda Rusia, memainkan langgam Slendang Biru.


Yulia Ryzhaya, salah satu anggota Dadali Gamelan sempat menyinden Slendang Biru, yang kemudian dilanjutkan Menlu RI menyinden Gugur Gunung.


“Pendekatan budaya dan hubungan antar masyarakat adalah salah satu cara efektif untuk mempererat hubungan kedua negara,” tutur Retno dalam keterangan tertulis, Selasa (13/3/18).


Dalam beberapa tahun terakhir, budaya dan bahasa Indonesia semakin dikenal di Rusia. Hal ini mendorong Kelompok Gamelan KBRI Moskow, membentuk grup Dadali Gamelan. Saat ini anggota Dadali Gamelan mencapai 44 orang, 18 untuk dewasa dan 26 untuk anak-anak yang sebagian besar adalah warga Rusia.  


Grup ini juga aktif mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat Rusia dengan berpartisipasi diberbagai acara budaya seperti Festival Indonesia dan beberapa acara budaya, seperti Hari Indonesia di Kazan, Festival budaya di Kaliningrad dan pertunjukan budaya lainnya.


Dalam akun instagram @retno_marsudi, Menlu juga membagikan momen tersebut dengan mengunggah lima foto. Dia juga mengaku terharu dan senang melihat teman-teman Rusia bermain gamelan secara rutin.


“Bangga melihat antusiasme dan tingginya minat masyarat Rusia terhadap budaya Indonesia. Mari lestarikan budaya kita,” tulisnya.


Sebelumnya, Retno juga terlihat menikmati latihan gamelan dengan kelompok Siswa Sukra di sela-sela peresmian gedung baru Kedutaan Besar Republik Indonesia di London pertengahan Juli 2017.


Bahkan, Retno berbincang dengan Peter Smith sang guru pengajar grup gamelan tersebut, menggunakan bahasa Jawa.


 

Tag : kemenlu
Editor : Nancy Junita
Penyelenggara pemilihan umum mengkaji pembukaan tempat pemungutan suara di areal perkebunan kelapa sawit guna memastikan para pekebun menunaikan hak pilih pada Pemilihan… Hakim Pengadilan Negeri Tangerang yang terjaring operasi tangkap tangan KPK terindikasi kerap memperdagangkan perkara. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria… Lembaga Kajian dan Pengembangan (Lakpesdam) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta mendesak DPR agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Minuman Beralkohol (Minol)… Persaingan kandidat pemimpin Provinsi Kalimantan Barat kian ketat setelah memasuki masa kampanye Pilkada 2018. Mahkamah Agung membantah tidak melaksanakan secara serius rekomendasi yang diajukan oleh Komisi Yudisial terkait kode etik hakim. Ketua Muda Bidang Pengawasan Mahkamah Agung… Kota Ternate, Maluku Utara, bakal menjadi tuan rumah puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana meniadakan proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pemilu 2019 di daerah-daerah yang mengikuti pemilihan kepala daerah… Uang suap yang diberikan kepada hakim dan panitera pengganti di Pengadilan Negeri Tangerang bersumber dari dua advokat yang ditetapkan sebagai tersangka. Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih bersikeras mempertahankan larangan pemuatan gambar bapak bangsa dalam alat peraga kampanye calon kepala daerah demi menghindari potensi… China akan memberikan kekuasaan kepada bank sentralnya untuk membuat kebijakan sektor keuangan Presiden AS Donald Trump segera menolak aksi Broadcom Ltd yang ingin mengakusisi Qualcomm Inc. Sekitar 11 wali kota dari delapan negara se-Asia Pasifik direncanakan bakal berkumpul dan berdiskusi tentang persoalan anak-anak di Surabaya dalam agenda Internasional Growing… Sekolah Tinggi Transportasi Darat, Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten se-Indonesia menyiapkan sumber daya manusia berkompeten… Pemerintah dinilai perlu memberikan sarana pendukung keselamatan jalan di tanjakan Emen, Subang selama menunggu proses rekonstruksi (realignment) hingga 4 bulan. Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal puasa tahun ini pada Kamis 17 Mei dan hari raya Idul Fitri pada Jumat 15 Juni 2018. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang mendorong pemda di wilayah kerja lembaga tersebut untuk segera membentuk Satgas Percepatan Investasi agar perekonomian di daerah bisa… Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) melayangkan protes kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena tak kunjung memasang alat peraga kampanye (APK) untuk pelaksanaan Pemilihan… Pemerintah Kota Surabaya tahun ini akan membeli 14 pompa untuk menggantikan pompa-pompa yang sudah berusia tua sebagai upaya antisipasi banjir yang kerap terjadi di sejumlah… Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (Fokbi) mendukung pencapaian rekor Guinness World Records untuk senam Poco-Poco…